Besole, Tulungagung – Rabu, 15 Januari 2020, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tangguh Bencana posko Besole gelar acara pembukaan. Bertempat di Kantor Kepala Desa Besole, pembukaan ini dihadiri oleh Kepala Desa beserta perangkat, Karang Taruna Besole, tokoh masyarakat, dan perwakilan pihak Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAIN Tulungagung.

Pada acara pembukaan ini diberikan sambutan oleh Lukman Khakim Pratama selaku Koordinator Desa, Amrullah Ali Mobien selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), dan Suratman selaku Kepala Desa.

Dalam sambutannya, Suratman menuturkan “Tolong lanjutkan cita-cita panjenengan, supaya Kabupaten Tulungagung ini lebih baik dari tahun sebelumnya.” Selain itu, ia juga berpesan agar mahasiswa mengkaji sumber daya yang berpotensi untuk menunjang kegiatan desa demi berkembang dan majunya desa Pandean.

KKN Tangguh bencana ini adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa, yang difokuskan pada kawasan Tulungagung selatan, yakni Kecamatan Besuki. Wilayah ini telah menjadi sorotan karena dianggap rawan bencana. Salah satu langkah yang dilakukan yakni memberikan pendampingan terhadap masyarakat agar sadar atas bencana yang berpeluang terjadi.

Terdapat 3 posko yang menjadi tempat KKN Tangguh Bencana, salah satunya di Desa Besole. Posko Besole sendiri dihuni oleh 6 mahasiswa laki-laki dan 20 mahasiswa perempuan. KKN ini berlangsung dari 10 Januari sampai 15 Februari 2020. Nantinya terdapat program-program kerja yang akan dilaksanakan atas dasar bimbingan DPL dan atas persetujuan perangkat desa. Program kerja tersebut akan dimulai setelah acara pembukaan. (Fahmi)

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Tuesday, May 14, 2024