Sumberboto, Wonotirto – Pada 17 Februari 2023, diadakan “Pengajian dalam rangka Isra Mikraj 1444 H dan penutupan KKN Regular Multisektoral Kelompok 1 Desa Sumberboto” di Masjid Baiturrahman, yang terletak di sebelah selatan posko kelompok 1. Sebelum acara dimulai pada sore hari, seluruh panitia membersihkan tempat dengan menyapu dan memasang banner serta tikar di dalam masjid.

Acara dilaksanakan pada hari Sabtu malam, dimulai pukul 19.00 WIB hingga selesai. Acara tersebut dihadiri oleh Bapak Karim selaku takmir Masjid Baiturrahman, masyarakat sekitar, dan mahasiswa KKN dari kelompok 1 Desa Sumberboto. Acara ini juga mengundang KH Shonhaji dari Mbacem sebagai penceramah yang memberikan tausiyah dalam rangka peringatan Isra’ Mi’raj.

Acara dibuka oleh MC dari mahasiswa KKN, Sayyidatin Niswah, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Zulfa Nada Arrofna. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari ketua kelompok, Yusuf Maulana Muhamad, yang juga memberikan kata penutupan KKN. Setelah itu, Bapak Karim selaku ketua takmir memberikan sambutan dan memberi doa kepada mahasiswa KKN Kelompok 1 Sumberboto. Bapak Karim berpesan bahwa jika mahasiswa KKN kembali ke Sumberboto, warga akan dengan senang hati menyambut mereka. Bapak Karim juga mendoakan agar kuliah para mahasiswa KKN berjalan lancar hingga selesai.

Sampai pada puncak acara yaitu penyampaian tausiyah oleh KH Shonhaji dari Mbacem. Isi tausiyahnya diawali dengan menerangkan amalan-amalan Ahlussunah Wal Jamaah, kemudian beliau menceritakan tentang keutamaan bulan Rajab. Beliau mencontohkan kisah seorang wanita kaya yang biasanya memakai pakaian mewah sehari-hari. Namun, saat memasuki bulan Rajab, wanita tersebut memilih untuk mengenakan pakaian yang sangat sederhana. Ketika wanita tersebut meninggal, ia tergolong dalam orang yang memuliakan bulan Rajab.

Selain itu, beliau juga menceritakan perjalanan Isra dan Mikraj Nabi Muhammad SAW hingga menerima perintah shalat. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh takmir masjid, Bapak Karim. Acara tersebut berjalan dengan lancar dan sukses. Warga sangat antusias mengikuti acara pengajian dalam rangka Isra Mikraj, yang juga merupakan acara perpisahan KKN kelompok 1 desa Sumberboto.

Setelah semua rangkaian acara tersebut selesai, dilakukan sesi foto bersama dan dilanjutkan dengan ramah tamah. Sebelum KH Shonhaji meninggalkan tempat, beliau memberikan pesan dan motivasi kepada mahasiswa KKN: “Jangan pernah bosan untuk menuntut ilmu.” Beliau juga mendoakan semoga mahasiswa KKN dapat menjadi generasi yang bermanfaat bagi masyarakat dan tercapai semua cita-cita yang diinginkan. [Divisi Antologi/FD]

#KKN2023

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Friday, Apr 26, 2024