PLANDIREJO, BAKUNG – kamis (26/01/2023)  telah terselenggara kegiatan membantu dalam belajar mengajar di TK PKK 1 PLANDIREJO. Jumlah siswa yang ada di TK PKK 1 ada 35 siswa, untuk yang 26 siswa sudah terdaftar di dapodik dan 9 siswa belum dapodik karena usia yang belum cukup. Kegiatan belajar mengajar di TK PKK dilaksanakan setiap hari senin-sabtu untuk TK A dan B, untuk kelompok bermain atau yang biasa disebut PAUD kegiatan belajar mengajar dilaksanakan setiap hari senin,selasa, jumat dan sabtu.

Setiap pagi pada pukul 07.00 WIB hingga 07.30 WIB anak-anak melakukan kegiatan senam pagi bersama-sama untuk menumbuhkan semangat pagi sebelum mereka belajar. setelah anak-anak melakukan senam pagi, selanjutnya mereka diarahkan oleh guru kelas masing-masing untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum berbaris di depan kelas dan bersiap untuk masuk ke dalam kelas masing-masing dan memulai pembelajaran seperti biasa pada pukul 08.00 WIB.

Tema yang dipakai untuk pembelajaran selama tiga minggu ini untuk anak-anak TK B,A, dan PAUD adalah tema tanaman. Pada hari kamis anak-anak di TK B belajar mengenai pengenalan tumbuhan seperti menanam sayur cabai dibelakang kelas bersama guru, anak-anak diajarkan untuk menanam sendiri sayur cabai tersebut dan juga diberitahu bagaimana cabai untuk tumbuh di tempat yang seharusnya, selanjutnya mereka diarahkan untuk masuk kedalam kelas dan dibagi menjadi tiga kelompok.

Kelompok pertama membuat wedang jahe, dari yang mengupas kulit jahe dan menyiapkan air hangat, gula, dan ada yang memotong jahe lalu mereka bergantian untuk memasukkan kedalam gelas dan diaduk rata, kelompok yang kedua yaitu menyocokkan huruf dan gambar yang sudah di sediakan, lalu untuk kelompok yang ketiga adalah menempelkan daun-daun ang sudah disediakan oleh guru kelas dan ditempelkan sesuai dengan gambar tersebut.

kegiatan tersebut dilakukan secara bergantian tiap kelompok agar merata. Setelah semua sudah selesai dan sudah melaksanakan tiga kegiatan tersebut, mereka bisa istirahat pada pukul 09.00 WIB hingga 09.30 WIB dan selanjutnya mereka bisa persiapan pulang dan membahas apa yang sudah mereka kerjakan hari ini [VEBRIANI SAPUTRI/FD]

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Sunday, May 5, 2024