NGADIPURO, WONOTIRTO – Kesehatan merupakan hal terpenting dalam kehidupan, karena jika sehat semua aktivitas tidak akan terganggu dan dapat dengan mudah dalam menjalankan segala aktivitas. Dalam upaya menciptakan kesehatan warga Desa Ngadipuro, divisi kesehatan dan lingkungan hidup KKN UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dengan dukungan dosen pembimbing lapangan dan bidan Desa Ngadipuro mengadakan kegiatan “Cek Kesehatan Gratis”. Kegiatan ini dilaksanakan pada Minggu, 12 Februari 2023 pukul 08.00 – 12.00 WIB.

Di Desa Ngadipuro hanya terdapat 2 fasilitas kesehatan, yaitu di Dusun Krajan dan Dusun Besole yang mencakup wilayah Banyuurip, Dongjati dan Babatan. Karena tidak meratanya fasilitas kesehatan ini dan banyaknya warga yang mengeluh penyakit umum seperti kolesterol, asam urat, diabetes, pegel linu, pusing, dan masih banyak lagi, maka mahasiswa KKN UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung melaksanakan kegiatan cek kesehatan gratis.

Kegiatan ini diawali dengan pendaftaran oleh warga Desa Ngadipuro yang sudah diberi kupon cek Kesehatan dan kertas pemeriksaan. Kemudian, dilanjutkan dengan sambutan pembukaan dari koordinator divisi kesehatan dan lingkungan hidup, serta perwakilan Komunitas Peduli Kasih Sesama. Para warga memiliki antusias yang sangat tinggi dalam mengikuti acara pengobatan gratis dan pemberian vitamin ini.

Setelah itu, warga diarahkan ke pengecekan kesehatan yang meliputi, tensi, cek gula darah, dan konsultasi dokter untuk mengetahui keluhannya. Semua hasil pengecekan ditulis pada kertas pemeriksaan. Dokter menuliskan resep untuk warga yang akan diserahkan kebagian apoteker agar dijelaskan kegunaan obat dan waktu minum obat dengan benar. Acara ini dihadiri oleh warga Ngadipuro dengan jumlah sekitar 50 orang.

Warga yang mengikuti cek kesehatan ini kebanyakan sudah berusia lanjut, tetapi juga terdapat beberapa ibu muda, anak kecil, dan remaja. Diakhir acara cek kesehatan, ada beberapa mahasiswa yang juga mengikuti cek kesehatan dan belajar alat tensi. [KKN Ngadipuro 1/NV]

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Friday, Mar 29, 2024