TUMPAKKEPUH, BAKUNG – Acara pembukaan Kuliah Kerja Nyata Desa Tumpakkepuh Tahun 2023 oleh Mahasiswa/i UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dilaksanakan di Balai Desa Tumpak Kepuh pada 24 Januari 2023. Acara tersebut turut mengundang perwakilan masyarakat yang dalam hal ini diwakiliki oleh ketua RT maupun RW Desa Tumpakkepuh beserta seluruh perangkat desa dan para peserta KKN yang berjumlah 80 orang.

Kedatangan peserta yang cukup banyak dibanding tahun sebelumnya disambut bahagia oleh seluruh masyarakat desa, tidak sedikit masyarakat desa yang memberikan hasil panen mereka kepada peserta KKN untuk dapat dinikmati. Dalam pembukaan tersebut turut dihadiri oleh Bapak Anas Ribab Sibilana, M.Pd.I selaku dosen pembimbing lapangan  yang secara langsung menitipkan  peserta KKN kepada Kepala Desa Tumpakkepuh Bapak Miswanto.

“Saya harap para peserta KKN ini mampu dengan cepat beradaptasi dan berbaur dengan masyarakat Tumpakkepuh karena waktu 1 bulan ini merupakan waktu yang singkat, sehingga harus benar-benar dimanfaatkan sebaik mungkin untuk belajar dan membukukan setiap potensi yang ada di Desa Tumpakkepuh,” pesan Kepala Desa Tumpakkepuh dalam sambutannya. “Kami memberikan ruang seluas-luasnya kepada para peserta KKN untuk dapat menggali dan menjalankan program kerja yang telah mereka bawa untuk dapat diterapkan di Desa Tumpak Kepuh,” Tambah beliau.

Desa Tumpakkepuh sendiri memiliki berbagai potensi wisata yang dapat dikembangkan oleh para peserta KKN, setidaknya terdapat 2 pantai yang cantik untuk wisatawan yakni Pantai Pangi dan Pantai Gayasan, selain itu di desa ini juga menyimpan surga dibawah bukit yakni Gua Embultuk, serta terdapat Telaga Sumurup dan juga pohon yang menjadi saksi lahirnya Desa Tumpakkepuh ini yakni pohon Randu Alas yang umurnya sudah sangat tua dengan diameter yang sangat lebar.

Pak Anas selaku Kepala Desa Tumpakkepuh dalam sambutannya juga menjelaskan bahwa kegiatan Peserta KKN kedepannya diharapkan tidak hanya fokus pada kegiatan mengajar saja namun juga dalam berbagai sektor sebagai media penerapan ilmu yang telah didapatkan selama dibangku perkuliahan. Selain itu, guna mendukung pertumbuhan UMK di desa ini beliau berharap para peserta KKN dapat membantu seluruh pelaku UMK.

Dengan dibantu pihak kampus, beliau brharap seluruh pelaku UMK  mendapatkan sertifikasi halal produknya, dimana dalam penuturan salah satu perangkat desa menyatakan bahwa setidaknya ada kurang lebih 60 UMK yang terdapat di Desa Tumpakkepuh untuk dapat dikembangkan oleh seluruh peserta KKN selama 1 bulan di desa ini. Selain itu, arahan Pak Anas selaku DPL dan juga Kepala Desa Tumpakkepuh juga tertuju pada sektor wisata yang ada di desa ini.

Kehadiran peserta KKN yang merupakan generasi Z yang saat ini aktif dengan sosial media diharapkan dapat membantu mempromosikan wisata yang terdapat di Desa Tumpakkepuh melalui sosial media pribadi mereka. Sehingga, dapat kembali ramai seperti sebelum adanya covid. Pasalnya potensi wisata yang terdapat di desa ini sangat menarik untuk dapat dinikmati oleh wisatawan agar mampu menyerap tenaga kerja khususnya yang terdapat di Desa Tumpakkepuh. [KKN Tumpakkepuh 1/WFF]

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Thursday, Mar 28, 2024