Berpartisipasi dengan Posyandu Lansia

SEMEN, BLITAR – Kegiatan KKN IAIN Tulungagung di Desa Semen telah berlangsung. Di desa ini terdapat 2 posko, yaitu posko Semen 1 dan posko Semen 2. Per posko dibagi menjadi beberapa devisi. Seperti di posko Semen 2 ini dibagi menjadi 5 divisi, yaitu divisi Kesehatan & Lingkungan hidup, divisi Pendidikan & Teknologi, divisi Ekonomi, divisi Sosial budaya & Agama dan Divisi Komunikasi & Publikasi.

Perdevisi pun sudah memiliki berbagai projek kerja yang telah disiapkan dengan matang untuk dilaksanan kedepannya. Seperti halnya bidang Kesehatan & Lingkungan Hidup. Pada tanggal 20 Januari 2020, anggota dari divisi kesehatan posko 2 ikut serta berpartisipasi dalam kegiatan “Posyandu Lansia” yang dilaksanakan di dusun Semen. Kegiatan tersebut dihadiri oleh berbagai lansia, Ibu Ketua Polindes, beberapa anggota Polindes dan juga terdapat beberapa Mahasiswa KKN dari UNU Blitar.

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri narasumber dari luar yang berprofesi sebagai Perawat. Kegiatan posyandu lansia ini sangat ramai dihadiri oleh para Lansia dari umur 60 an sampai umur 100 an. Jiwa semangat para lansia masih tumbuh di dalam dirinya sehingga beliau sangat aktif untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan posyandu lansia tersebut.

Pelaksanaan kegiatan diawali dengan senam lansia, senam tersebut dilakukan dengan gerakan yang santai sehingga dapat diikuti dengan mudah oleh lansia. Lalu kegiatan dilanjutkan dengan sambutan dan evaluasi dari ketua Polindes lalu disusul oleh sambutan dari narasumber dari luar. Lalu kegiatan dilanjutkan dengan memeriksa kesehatan lansia yang diawali dengan menimbang berat badan, mengecek tensi darah dan mengecek kolesterol.

Ketika pengecekan berlansung, para lansia juga diberi arahan tentang pentingnya menjaga pola makan yang harus diatur, menjaga makanan apa yang baik untuk kesehatan dan yang tidak baik untuk kesehatan lansia. (Zie,Mea – Posko 2)

Close
LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

LP2M UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Sunday, May 5, 2024